Sebagai Ketua RT, Wakil Bupati Kudus Berikan Suara Pada Pemilihan Anggota BPD

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Kudus Cyber News – Berakhirnya masa kerja Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada akhir bulan Mei lalu. Secara serentak di 123 Desa yang tersebar di Kabupaten Kudus mulai menjalani tahapan Pemilihan Anggota BPD baru untuk 5 tahun kedepan (2019-2024).

Seperti yang dilaksanakan di Desa Gondangmanis, Selasa 11/06/2019 malam tadi. Muhammad Hartopo beserta sejumlah ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat lainnya, mengikuti jalannya pemilihan anggota BPD mewakili Dusun kayu Apu Kulon dan Perum Muria Indah.

Wakil Bupati Kudus tersebut hadir menjadi salah satu pemilik hak suara pada proses pemungutan suara bagi pengisian anggota BPD Desa Gondangmanis.

Usai memberikan hak suaranya, Hartopo menyampaikan, dia hadir dan ikut meberikan suaranya karena selain sebagai Wakil Bupati Kudus, Hartopo juga masih menjabat sebagai ketua RT di walayah kediamannya, Perum Muria Indah.

“BPD merupakan mitra pendamping Desa, untuk pengawasan Desa baik itu terkait pembangunan mauun kegiatan Desa yang lain terutama masalah penganggaran,” tuturnya pada awak media.

Karena pengawasan di desa ini tak bisa di sepelekan, sama seperti pemilihan anggota DPRD, makanya saya harus memilih sendiri orang yang saya anggap terbaik, ucapnya.

Ditambahkan oleh Hartopo, Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa yang bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah (dusun) yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat.

“Artinya peran anggota BPD adalah bisa mengusulkan program-program bila suatu saat ada Musren atau pembagian Alokasi Dana Desa (ADD), agar terarah dan kebagian,” terangnya.

Regulasi pengisian BPD mengalami perubahan dibanding sebelumnya, salah satunya kewajiban keterwakilan perempuan sebesar 30 persen dari jumlah anggota BPD. Sesuai ketentuan, jumlah anggota BPD merujuk pada jumlah warga di satu desa.
Dengan mengacu pada peraturan bupati, BPD diharapkan mampu berperan aktif dalam menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah desa.

Sementara itu Makmun, salah satu tokoh masyarakat yang juga panitiya pelaksana pada pemilihan anggota BPD malam itu menyampaikan, Pemilihan malam ini telah berhasil memilih 2 anggota BPD dari 4 calon yang mengikuti pemilihan, yaitu Arifin dan Fanny R Sanjaya.

“Mereka berdua akan menjadi wakil dari Dusun Kayu Apu Kulon yang terdiri dari 3 RW yaitu RW IV, RW VII dan RW XI” tambahnya.

 

Polres Kudus Cyber News

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer