Tradisi Kupatan Kanjeng Sunan Muria, Ribuan Warga Berebut 21 Gunungan Kupat Dan Lepet

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Kudus Cyber News – Bodo Kupat, Prosesi Tradisi sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri kembali di gelar di kawasan Gunung Muria, Kabupaten Kudus.

Ditandai dengan 21 gunungan kupat dan lepet dari setiap Desa yang ada di Kecamatan Dawe setelah sebelumnya dilakukan prosesi doa di Makam Sunan Muria. Kupat dan lepet yang telah dikemas menjadi beberapa gunungan. kemudian diusung turun menuju ke Taman Ria Colo, Desa Colo, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Rabu 12/06/2019.

Puncak acara dalam Prosesi Kupatan Kanjeng Sunan Muria saat Bupati Kudus Muhammad Tamzil menyerahkan secara simbolis kupat dan lepet kepada tokoh warga. Sebelumnya dilakukan penyerahan Surat Wasiat dari juru kunci MakamSunan Muria kepada Kepala Desa Colo Awang Ristihadi.
Ribuan warga berebut gunungan ketupat yang digantungkan di 21 gunungan yang ada di halaman Taman Ria Colo. Mereka spontan merebut gunungan ketupat.

“Saya sengaja ikut meramaikan. Saya ikut rebutan ketupat barusan,” kata seorang warga yang ikut rebutan ketupat, Mujahidin (40) ditemui tengah mengumpulkan banyak ketupat dari gunungan.

Warga Kabupaten Brebes ini rela datang dari daerahnya. Selain untuk berziarah ke Makam Sunan Muria, Mujahidin ikut pula berebut ketupat dari gunungan.
“Harapannya dapat berkah Sunan Muria,” harap Mujahidin.

“Prosesi kupatan kanjeng Sunan Muria di Colo ini untuk mempromosikan budaya Kudus. Sebelumnya manakib, dan ziarah ke makam Sunan Muria. Setidaknya ada 21 gunungan kupat dan lepet, empat gunungan merupakan persembahan darl empat RW di Desa CoIo serta 17 gunungan dari masing-masing desa di wilayah Kecamatan Dawe,” kata Plt Dinas Pariwisata Kabupaten Kudus, Kasmudi.

Sedangkan Bupati Kudus Muhammad Tamzil dalam sambutannya, Dalam setiap even budaya di Kudus, kini sudah berkembang menjadi tak hanya prosesi kebudayaan saja, tapi warga Kudus sudah mengerti konsep Gusjigang yang sebenarnya, ada kesadaran untuk mengembangkan jiwa wiraswasta dengan berdagang dalam even tersebut, ujarnya.

 

Polres Kudus Cyber News

 

Sumber : Jurnalpantura

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer