Hadiri Panen Raya Jagung NK 7202 dan Expo Produk Pertanian PT. Syngenta Indonesia, Kapolres Bengkayang: Polri Terus Dorong Perekonomian Bidang Pertanian

Support by: Polda Jateng Cyber Team


Bengkayang, Kalbar – Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar menghadiri Panen Raya Jagung NK 7202 produksi PT. Syngenta Indonesia dan Expo Produk Pertanian PT. Syngenta Indonesia, bertempat di lahan perkebunan jagung milik Sajiyo, Desa Lembang, Kecamatan Sanggau Ledo, Selasa (5/12/23) pagi.

Kegiatan turut dihadiri Wakil Bupati Bengkayang, Dandin 1209 Bengkayang, Kadis Pers Lanud Harry Hadisoemantri, Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Sales Manajer Syngenta wilayah Kalbar dan Kalsel, serta dinas terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Sajiyo sebagai pemilik lahan, mengucapkan terima kasih kepada perusahaan PT Syngenta Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk digunakan sebagai lahan percontohan.

“Adapun jenis bibit yang ditanam dalam lahan ini berjumlah 4 jenis yaitu, Bibit Jagung NK Juara, Bibit Jagung NK Perkasa, Bibit Jagung NK Naga dan Bibit Jagung NK Garuda,” pungkas Sajiyo.

Sujiyo juga menyarankan agar dalam penanaman jagung diberikan dengan pupuk yang cukup agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkayang Drs H. Syamsul Rizal menyampaikan agar pihak PT. Syngenta Indonesia dapat memberikan informasi jenis tanaman dan waktu tanam yang baik kepada para petani.

“Sebagai informasi bahwa penghasil di Kalbar sebesar 60 persen berasal dari Kabupaten Bengkayang khususnya berasal dari Kecamatan Sanggau Ledo dan Kecamatan Tujuh Belas,” kata Syamsul.

“Nantinya Pemerintah Daerah perlu membangun infrastruktur jalan yang menjadi sentra penghasil produk pertanian agar nantinya perekonomian masyarakat menjadi baik,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang akan memanfaatkan lahan yang terlantar untuk diberdayakan untuk menanam kelapa hibrida dengan berkerjasama dengan Kapolres Bengkayang melalui Primkopol yang ada di Polres Bengkayang.

Kemudian disampaikan Kapolres Bengkayang AKBP Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K. bahwa Polri akan terus mendorong sektor perekonomian bidang pertanian sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan demikian sektor pertanian dapat berperan dalam mencegah tindak kejahatan, yang mana salah satu sebab sesorang melakukan tindak kejahatan adalah karena faktor ekonomi,” kata Teguh.

Adapun pihaknya akan mengawal proses produksi pertanian dari sektor hulu dan sektor hilir agar nantinya semua produksi pertanian dapat menjadi nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Bengkayang.

“Dari semua proses yang dilakukan, perlu adanya kerjasama, koordinasi dan sinergitas semua lapisan Pemerintah Daerah dan instansi terkait dalam membangun semua sektor kehidupan di Kabupaten Bengkayang,” tambah Kapolres.

Pada kesempatan itu juga, Teguh mengharapkan pada tahun politik ini hendaknya masyarakat dapat lebih bijak dalam menentukan hak pilihnya dan datang ke TPS, karena satu suara sangat menentukan keberhasilan bangsa dan tentunya semua masyarakat dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas aman dan kondusif selama tahapan Pemilu 2024.

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Site Footer